Selasa, 07 Juni 2011

Alun-alun terkecil di dunia?


Mungkin inilah alun-alun terkecil di dunia.
Letaknya di depan rumah dinas Bupati Semarang di kota Ungaran. Karena luasnya tak lebih dari separuh lapangan sepak bola, maka tempat ini dikenal dengan nama Alun-alun mini Ungaran.
Tidak ada data resmi yang menerangkan kapan nama ini disematkan. Namun, dalam nota-nota kedinasan pemerintah setempat nama Alun-alun mini itulah yang dipakai.

Karena dinilai terlalu kecil dan tidak representatif, tahun ini Pemerintah Kabupaten Semarang berencana memindahkan alun-alun kabupaten ke wilayah Kelurahan Kalirejo, Kecamatan Ungaran Timur.

Kepala Seksi Bangunan Non-Kantor Dinas Cipta Karya, Perumahan, dan Kebersihan Kabupaten Semarang Ade Fajar, Jumat (11/3/2011), mengatakan tahap pertama pembangun alun-alun baru menelan dana sekitar Rp2,5 miliar. Anggaran itu dialokasikan untuk relokasi bangunan sekolah dasar sebesar Rp 1,5 miliar dan pembangunan lapangan sebesar Rp 1 miliar.

''Masih ada sekitar 1,3 hektar lahan yang belum dibebaskan. Namun, itu tidak mengganggu tahap awal pembangunan alun-alun baru,'' ungkapnya.

Ia menjelaskan, alun-alun kabupaten yang baru direncanakan seluas empat hektar dilengkapi dengan jogging track, waduk, panggung pertunjukan, gelanggang pemuda, serta tempat kuliner dan kriya. Diharapkan, alun-alun yang baru akan membantu mengurai kepadatan di Kota Ungaran.

"Apalagi saat ini di sana sudah berdiri masjid, jadi ada suasana tak nyaman jika ada panggung hiburan atau pertunjukan musik yang bersamaan dengan kegiatan masjid," katanya.

Ia mengatakan, pembangunan alun-alun baru ditargetkan selesai pada tahun 2014 sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Semarang.

sumber:http://regional.kompas.com/read/2011/03/11/15171772/Inikah.Alun-alun.Terkecil.di.Dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar