Minggu, 05 Juni 2011

Perbedaan Utama pada iPhone dan Android

             Di abad 21 ini smartphone memang udah jadi keperluan sehari-hari. Multifungsi, keren dan juga device yang paling dekat dengan manusia alias barang wajib di bawa sehari-hari. Tapi sayang ga semua smartphone itu dirancang dan dibuat sesuai ekspektasi dari si pemakainya.
             Kalo udah ngomongin
smartphone pasti tau sendiri dong, kita ga lepas dari dua raksasa smartphone yang sangat populer yaitu Apple iPhone yang sangat populer dimana-mana dan juga penantangnya si Android platform. Nah ane jelasin dah perbedaan utama dari kedua smartphone itu tuh apa sih.

Dari segi kegunaannya

Sebelum kita bahas lebih lanjut, ada satu hal yang harus kita pahami dengan jelas. Android tidak memiliki yang namanya official phone untuk Android, sama halnya dengan tidak adanya komputer yang resmi untuk “Windows”. Android sebenarnya cuma nama buat sistem operasi mobile hasil pengembangan dari Google, jadi bakal lebih sedikit jadi debat kusir kalau kita membandingkan secara langsung antara Android dan juga iPhone. iPhone terkesan bekerja lebih intuitif daripada smartphone berbasis Android, alasanya kembali lagi ke poin sebelumnya dimana si Apple iPhone di design selaras dengan device nya, sedangkan si Android di design sedemikian rupa agar bisa kompatibel di banyak varian pabrikan smartphone.

Oleh karena itu saat pengguna mencari smartphone untuk faktor “WOW KEREN!!”, kemungkinan besar mereka akan menjatuhkan pilihan ke apa-apa yang ditawarkan iPhone. Setiap fungsi di iPhone memiliki kesan mudah digunakan serta simpel. Apalagi dengan kontrol pada touch screen yang intuitif makin menambah kesan ringan dan interaktif serta handal pada operating system dan juga aplikasi-aplikasinya. Namun, kalau kita perhatikan lagi, sebagian besar dari apa yang ada di iPhone dimiliki juga oleh si Android. Pengen akses web? Android bisa. Pengen layar sentuh? Android pun punya. Pengen game? Juga bisa.

Perbedaan besarnya yaitu iPhone adalah perangkat tunggal, sementara Android adalah platform perangkat lunak. Jadi bener-bener sulit kalo harus memperbandingkan iPhone dengan Android secara head to head dari segi teknis. Mungkin sama halnya kalo kamu membandingkan PC dan Macs.

Jika kita lihat lagi si iPhone ini sangat cermat dan hati-hati dalam melakukan kontrol terhadap apa saja yang boleh hadir di iPhone. Sedangkan di sisi lain si Android menawarkan hal yang berbeda, yaitu kebebasan melakukan apapun yang diinginkan di smartphone.

Dari segi Aplikasi

Faktor aplikasi sepertinya menjadi hal yang paling menonjol saat kita membandingkan iPhone dengan Android. Saat ini Apple telah memiliki aplikasi dalam jumlah besar pada iTunes mereka yang merupakan sumber penghasilan dari iPhone. Nah kalo dibandingkan dengan si Android memang masih lebih sedikit jumlah aplikasi yang Android miliki dibanding iPhone, tapi disinilah kata “freedom” berperan. 

Dengan Android kita bisa melakukan instalasi dari sebuah halaman web (tentunya dengan melakukan download) ataupun juga bisa sharing aplikasi buatan sendiri untuk langsung dicoba di smartphone kita masing-masing. Nah kita tidak bisa melakukan hal tersebut kalo kta bergelut dengan iPhone. 

Di sini kita tidak bisa melakukan instalasi kalau tidak dari iStore, kita juga tidak diberi akses untuk menggonta ganti tampilin home screen kita secara radikal, atau para developer tidak mendapat akses untuk melakukan modifikasi fungsi iPhone itu sendiri. Jadi kesimpulannya Apple ga mau ada persaingan dan juga tidak ingin menampilkan aplikasi yang malahan akan menjadi lebih besar namanya daripada iPhone itu sendiri.

Tapi kalo kita seorang yang sedikit bertipe geeks, kita bisa menikmati faktor “freedom” yang ditawarkan si Android. Sedangkan kalo kita pengguna awam, sebenaranya kita tidak akan melihat perbedaan yang besar antara keduanya, tapi sepertinya anda akan lebih menyenangi UI yang diberikan iPhone yang lebih berkesan smooth.

sumber:http://www.teknojurnal.com/2010/12/15/iphone-vs-android-apa-perbedaan-terbesarnya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar