Kamis, 02 Juni 2011

Mobile Web

Sudah lama saya tidak menulis di web ini. maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit tentang web mobile. tentang apakah web mobile itu sendiri dan apa saja yang termasuk web mobile. Yang pertama mobile web mengacu pada akses World Wide Web atau yg biasa di sebut dengan www dengan menggunakan perangkat mobile seperti ponsel, PDA, atau gadget yang lainnya yang terhubung ke
jaringan public. Aksesnya tidak memerlukan computer PC pada umumnya . Jasa di web mobile ini biasa mencakup yang tidak ada pada internet biasanya, namun akses web mobile pada saat ini masih mengalami sedikit masalah interoperabilitas. Hal tersebut biasanya di sebabkan oleh ketidakcocokan format dari yang tersedia di internet dengan perangkat mobilenya dan juga kekurangan pada ukuran-ukuran fisik dari mobile-mobile tersebut. Saat ini pengembangabn standar menjadi salah satu pendekatan untuk meningkatkan interoperabilitas, kegunaan, juga aksesbilitas seputar penggunaan web mobile ini .
Ada sebuah inisiatif baru yang sedang dikembangkan yaitu W3C Mobile Web yaitu untuk mengembangkan praktek-praktek terbaik dan juga teknologi yang relevan dengan mobile web. Tujuannya tiada lain untuk membuat pencarianweb dari perangkat mobile agar mudah di akses. Dan selain itu tujuan utamanya adalah untuk mengembangkan format data standar dari penyedia internet yang disesuaikan dengan spesifikasi perangkat mobile tertentu, w3c telah menerbitkan pedoman untuk konten mobile, dan secara aktif membahas masalah perangkat keragaman dengan membangun teknologi untuk mendukung repository dari Device Deskripsi.
Untuk registry mobile web tersebut sudah di rilis alat pengujian gratis yang disebut MobiReady yitu sebuah laporan untuk menganalisis kesiapan mobile website. Analisisnya adalah halaman-halaman yang bebas dan meberikan laporan skor kesiapan Mobi. Laporan ini menggunakan praktek-praktek terbaik industry dan standar. Sedangkan standar lain untuk web mobile sedang dipersiapkan dalam pencarian aplikasi tertentu oleh kelompok-kelompok industry tertentu, seperti pengembangan dan penggunaan web mobile untuk tujuan penelitian dan pendidikan juga pelatihan-pelatihan., misalnya Standar untuk M-Learning Project.
Oiya, web mobile itu sendiri menggunakan halaman ringan yang di tulis dalam Extensible Hypertext Markup Language atau biasa di sebut XHTML atau juga Wireless Markup Language (WML) untuk mengirimkan konten atau aplikasi ke perangkat mobile. Banyak mobile browser baru bergerak dalam bidang ini dengan mendukung lingkup yang lebih luas dari format web itu sendiri, termasuk juga varian dari HTML yang biasa ditemukan pada desktop Web.
Hmmm sekian penjelasan sedikit yang saya berikan untuk tulisan saya kali ini , berguna atau tidaknya tergantung dari para pembaca. Hehe. Tapi saya harap ini menjadi sesuatu yang berguna bagi para pembaca. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar